Biro Layanan Umum

Penyerapan Anggaran di Dua OPD ini Masih Rendah

Manokwari, – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Provinsi Papua Barat, Jhon Rumbruren mengatakan menjelang penutupan tahun anggaran 2018 ini, penyerapan anggaran di OPD yang Ia pimpin kurang lebih baru mencapai 70 persen.

“Masih ada beberapa pertanggungjawaban program kerja yang administrasinya masih dalam proses penyiapan, dan pasti tingkat penggunaannya mengarah pada presentasi yang ditentukan,” ungkap Rumbruren kepada Tabura Pos di kantor DPR Papua Barat, kemarin.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu pertanggungjawaban dari program-program fisik. Sementara, program non fisiknya sudah mendekati penyelesaian.

Pertanggungjawaban program fisik yang tengah ditunggu, sebutnya, pembangunan kantor balai kampung, baik di Kabupaten Maybrat, Manokwari, maupun di Kabupaten Pengunungan Arfak (Pegaf).

“Dalam program fisik ini kita sesuaikan dengan anggaran daerah, sehingga alokasi anggaran yang digunakan untuk pembangunan kantor balai kampung hanya sekitar Rp. 3 miliar lebih,” sebutnya.

Masih rendahnya penyerapan anggaran tahun 2018, juga dialami Biro Umum Setda Provinsi Papua Barat. sampai saat ini anggaran yang terserap baru mencapai 54 persen.

Kepala Biro Umum Setda Provinsi Papua Barat, DR. Origenes Ijie mengatakan, sesuai dengan program yang diusulkan ada program pengamanan security, pemeliharaan gedung Papua Bersih, perawatan taman dan lainnya.

“Kita bersyukur ketika ada security, pihak ketiga yang mengelola dan dapat menyerap tenaga kerja sehingga dapat mengurangi masalah-masalah sosial,” kata Ijie di ruang kerjanya.

Ia berharap, anggaran yang masih tersisa dan belum ada penyerapan bisa diselesaikan secepatnya karena 14 Desember 2018 hari ini adalah terakhir.

“Nanti kita akan melihat dokumen yang masuk terakhir di hari ini. Karena sistem yang kita gunakan terhubung dengan Simda. Sehingga ketika kita mengimput datanya disini, secara otomatis terimput di keuangan juga,” tukasnya. [Sumber:taburapos.com]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close